Kamis, 05 September 2019

Mengenal Chassis Bus di Indonesi



MENGENAL CHASSIS BUS YANG ADA
DI INDONESIA

Hasil gambar untuk gambar chasis bus scania k360ib
https://ayonaikbis.com/wp-content/uploads/2016/08/SCANIA-K-360-IB-Chassis-700x380.png
contoh chassis Scania k360ib

Para Pencinta Bus Indonesia, Sasis bus K360IB 4X2 merupakan chasis berjenis modular space frame yang panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing operator bus. Jenis chasis ini juga mampu memberikan ruang bagasi lebih luas dibandingkan chasis konvensional berjenis ladder frame. Chasis ini ditenagai oleh mesin DC13 berkapasitas 13.000cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 360 horse power (hp). Chassis bus K360IB 4X2 juga dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan penumpang seperti suspensi udara yang bisa diatur oleh pengemudi, anti-lock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), retarder brake, hingga cruise control. Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul United Tractors Siap Rakit CKD Chassis Bus Premium Scania K360IB 4X2 di Indonesia, https://www.tribunnews.com/otomotif/2018/12/03/united-tractors-siap-rakit-ckd-chassis-bus-premium-scania-k360ib-4x2-di-indonesia.

Hasil gambar untuk gambar chasis bus mercedes benz 285k
https://i0.wp.com/imotorium.com/wp-content/uploads/2016/03/rn-285-chassis.jpg?zoom=2.625&resize=372%2C279&ssl=1
contoh chassis Hino RN285
Para Pencinta Bus Indonesia, Hino di Indonesia kini sudah menjadi salah satu pabrikan terbaik dan pilihan sebagian besar perusahaan otobus. Reliabilitas mesin dan chassisnya sudah tidak diragukan lagi, dukungan aftersalesnya teramat baik di Indonesia, dan lagi adalah Faktor harga, Hino memberikan harga yang lebih murah di kelasnya. Tidak heran begitu banyak PO yang memilih hino, salah satu yang menjadi flagship Hino di Indonesia sekarang adalah RN 285.
Spesifikasi Hino RN 285 / RN8JSKA – SJJ
  • Kecepatan Maksimum : 119 (km/jam)
  • Daya Tanjak (tan Ø) : 35
  • Model MesinModel : J08E – VT ,7,684 cc
  • Tipe : Mesin Diesel 4 Langkah Segaris; Common Rail; Turbo Charge Intercooler
  • Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 285 /2.500
  • Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 91 / 1.500
  • Jumlah Silinder : 6; Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
  • KoplingTipe : Pelat Kering Tunggal; Hydraulic Operation
  • Diameter Cakram : 380 (mm)
  • TransmisiTipe : ZF6S1000BD
  • Perbandingan Gigi :C : -ke-1 : 7,716 ke-2 : 4,423 ke-3 : 2,854 ke-4 : 1,915 ke-5 : 1,301 ke-6 : 1,000
  • Mundur 7,098
  • KemudiTipe : Integral Power Steering; Minimal Radius Putar : 9.5 m
  • SumbuBelakang : Full Floating Type Hypoid Gear
  • Depan : Reserve Elliot, I-Section Beam
  • Perbandingan Gigi Akhir : 4,300; Sistem Penggerak : Rear , 4 x 2
  • Roda & BanUkuran Rim : 22,5 X 8,25-165; Ukuran Ban : 11R 22,5-16PR
  • Jumlah Ban : 6 (+1); SuspensiDepan & Belakang : Air suspension dilengkapi Stabilizer dengan Double Acting Shockabsorber
  • Accu : 12V-120Ah x 2
  • DimensiKapasitas Tangki Solar : 270 lt
  • Jarak Sumbu Roda : 6000 ; Total Panjang : 11.670; Total Lebar : 2.450 ;
  • Total Tinggi : 2.020; Lebar Jejak Depan : 2.040; Lebar Jejak Belakang : 1.820;
  • Julur Depan : 2.380; Julur Belakang : 3.290;
  • Berat Chassis (kg)Depan : 1.600; Belakang : 3.820; Berat Kosong : 5.420;
  • Harga Off The Road : Rp. 785.000.000   *Harga sewaktu-waktu dapat berubah



Hasil gambar untuk gambar chasis bus volvo b7r
https://imotorium.com/wp-content/uploads/2016/01/volvo-b7r-chassis.jpg

contoh chassis volvo B430R Axel


Para Pencinta Bus Indonesia, bus Indonesia saat ini memang didominasi oleh 2 pabrikan raksasa yaitu Mercedes-Benz dan Hino. Selain itu banyak juga bus – bus asal negara – negara Scandinavia yang turut serta meramaikan dunia bus – bus di Indonesia. Kita mungkin lebih mengenal Scania untuk saat ini sebagai pabrikan asal swedia yang memang sudah lama malang melintang di dunia truck dan bus. Tetapi jangan lupakan yang satu ini.. Volvo !! ya.. pabrikan yang masih saudara setanah air Scania ini mulai mencengkram aspal Indonesia pada medio 2000-an dengan produknya “Volvo B7R”. Mengandalkan mesin 7000 cc (pembulatan) volvo mampu menarik perhatian karena busnya bisa dibilang menerapkan banyak teknologi canggih pada masanya, masuk Indonesia pada rentang waktu 2003 – 2007. Generasi Mesin yang digunakan mulai D7A, D7B, D7C dan yang kini digunakan adalah D7E. Volvo menyematkan teknologi Commonrail pada mesinnya selain Turbocharger dan Intercooler, sehingga mesin ini sudah menghasilkan emisi yang tergolong baik yaitu sudah masuk Euro 3 / Euro 4 / Euro 5. Tenaga yang diproduksipun termasuk besar untuk mesin berkubikasi 7000 cc, mampu mencapai 290 Hp dan torsi yang dihasilkan mencapai 1200 Nm di rentang putaran mesin 1050 – 1650 rpm. 



Hasil gambar untuk gambar chasis bus mercedes benz
https://duniahariyadi.files.wordpress.com/2012/02/oh1526-sasis.jpg

contoh chassis mercedes benz OH1526

OH 1526, yang hadir menggantikan OH 1525 yang mana mendapatkan penyempurnaan dari berbagai sisi baik itu pada elektrikal dan teknologi pembuangan yang lebih advance, sehingga OH 1526 ini layak mendapatkan sertifikasi Euro 3 yang mana sesuai dengan regulasi standar emisi di Eropa beberapa tahun silam. Mesin yang digunakan masih sama dengan seri 1525 yaitu menggunakan OM906LA berkapasitas 6374 cc 6 silinder segaris yang sanggup memuntahkan tenaga sebesar 260 hp pada 2200 rpm dan torsi sebesar 950 nm pada 1200-1600 rpm. Cukup menjanjikan dari spesifikasi di atas kertas untuk melahap tanjakan dengan torsi sebesar itu.. tapi mengapa di lapangan kadang masih kalah dengan RK8 ya yang merupakan rival sepadannya? bakal dibahas di artikel komparasi deh nanti.
Hasil gambar untuk gambar chasis bus mercedes benz
https://iangoyan.files.wordpress.com/2015/03/download-3.jpg
OH 1526 sendiri dengan spesifikasi standarnya masih menganut chassis tipe ladder frame yang menjanjikan kekuatan yang baik, dibantu dengan peredaman menggunakan leaf spring yang dilengkapi shock absorber dan stabilizer.. membantu mengurangi gejala body roll kala digunakan menikung. Chassis OH 1526 ini sangat adaptif dengan berbagai desain body sehingga akan mudah sekali menemukan 1526 baik itu dalam balutan karoseri AdiputroRahayu SantosaLaksanaNew ArmadaTentremMorodadiRestu Ibu dan lain – lain. Dari sisi fitur, tentu saja yang langsung dapat dirasakan adalah cluster speedometer yang lebih cantik berkat kehadiran Multi Information Display (MID) yang lumayan detail dalam memberikan kondisi terkini seputar bus. Desain cluster speedometernya simple dan terasa lumayan mewah saat malam hari. Mercedes – Benz OH 1526 juga memiliki keunggulan dalam suara mesin yang halus.. walau ini agak terkesan subjektif, bagaimana karoseri mengerjakannya dengan baik urusan peredaman suara.. semakin rapih pengerjaan dan berkualitas bahan peredamannya tentu akan semakin halus suaranya.







5 komentar: